Dear Blogger's

My name is "Claudia Christi"
Born in Kediri, East Java
Now I live in Jakarta
I'm studying accounting at University Gunadarma

Jumat, 12 Oktober 2012

Pengaruh Bisnis Terhadap Kehidupan Sehari-hari

Bisnis merupakan bagian dari ilmu ekonomi, yang dimana sebagai makhluk individual ada pengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari. Sudah di jelaskan bahwa bisnis memiliki pengertian suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapat laba. 

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Pengaruh bisnis dalam kehidupan saya mungkin belum besar seperti orang yang sudah memiliki sebuah transaksi atau perusahaan yang besar. 

Mungkin kita sering mendengar kata bisnis udah dari lama, akan tetapi tahu pengertian bisnis mungkin waktu saya duduk di kelas 1 SMA, yang pada saat itu di berikan di mata pelajaran ekonomi. Nah disitu saya mulai memahami pengertian bisnis. waktu di SMA, ada acara yang namanya EXPO dimana semua siswa-siswi dalam SMA saya harus terlibat dalam acara tersebut. di dalam expo tersebut saya belajar untu berbisnis atau melalukan transaksi jual beli. Pada saat itu saya memiliki modal sebesar Rp 500.000, awalnya saya bingung, uang tersebut digunakan untuk apa. Pada akhirnya saya memutuskan untuk digunakan menjadi modal awal sebagai langkah untuk mendapat keuntungan yang lebih dari modal tersebut.

Nah dari situ saya sangat paham apa arti dari bisnis untuk kehidupan sehari-hari. Contoh yang sangat sederhana yaitu ketika kita membeli baju di toko A dan dijual lagi kepada orang lain. Dari toko A kita melakukan transaksi untuk membeli baju yang akan kita jual kembali. Di toko A menawarkan harga sebesar Rp 74.000 / baju. Kita nego lagi harga tersebut hingga Rp 70.000, dan sama penjual di toko A diberikan. Dari toko A baju tersebut hendak kita jual lagi ke orang lain dengan harga 75.000 / baju. Maka kita mendapat keuntungan sebesar Rp 5.000 / baju. itulah yang dinamakan dengan Bisnis.

Bisnis mengajarkan kita untuk melakukan suatu pekerjaan dengan memperoleh laba atau keuntungan. Saat ini kita sering sekali mendengar bahwa trend media sosia seperti twitter dan facebook sudah hal yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita. Dari situ juga para penyedia layanan memberikan kesempatan untuk memudahkan kita berkomunikasi dengan orang lain. Dalam media facebook sekarang banyak sekali yang bertransaksi di media jaringan sosial tersebut, yang sering kita dengar dengan kata Online shop, Disitu kita bisa melakukan transaksi jual beli atau bisnis dengan mendapatkan suatu keuntungan yang besar.

Itulah pengaruh bisnis dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin yang saja jelaskan diatas merupakan contoh kecil dari bisnis, masih banyak lagi bisnis-bisnis yang besar yang dilakuan oleh suatu organisasi maupun perusahaan. Bentuk dasar kepemilikan bisnis terdiri dari beberapa macam yaitu perusahaan perseorangan, persekutuan, perseroan, dan koperasi. Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar